Kamis, 25 Desember 2014

Tips mengatasi susah tidur malam hari


tips mengatasi susah tidur malam hariKadang terdengar aneh jika ada orang susah tidur malam hari. Karena kebanyakan orang justru melawan kantuk di malam hari padahal masih harus melakukan hal yang penting. 


Susah tidur malam hari atau biasa disebut dengan insomnia memang salah satu bentuk kelainan pola tidur yang bisa saja disebabkan oleh banyak hal, fisik maupun pskikologis. Pada taraf wajar hal ini masih bisa ditoleransi. Akan tetapi jika setiap malam selalu mengalami gangguan tidur maka ada baiknya segera melakukan konsultasi pada dokter.

Mengatasi susah tidur malam hari

Sebagaimana dengan aktivitas makan dan minum, tidur malam juga menjadi sebuah kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh seseorang dengan kuantitas dan kualitas yang optimal.

Insomnia atau susah tidur memang bukan sebuah penyakit, namun bisa saja hal itu menjadi sebuah pertanda atau gejala akan sebuah masalah yang sedang dihadapi oleh tubuh baik itu organ dalam maupun gangguan psikologis.

Penyebab susah tidur malam

Terdapat banyak sekali faktor penyebab susah tidur malam, akan tetapi secara garis besar dapat digariskan sebagaimana berikut :

1. Tekanan psikologis (depresi/stress/pikiran kacau/takut berlebihan)

2. Mengkonsumsi alkohol/narkoba

3. Efek samping obat

4. Penurunan fungsi Ginjal

5. Penyakit pada Otak (Alzheimer, Stroke, dll.)

Masih banyak lagi sub-faktor yang dapat menyebabkan susah tidur malam hari. Namun pada intinya setidaknya masih terelasikan dengan beberapa item yang disebut diatas.

Bagaimana mengatasi susah tidur malam ?

Beberapa tips berikut ini bisa dicoba jika berbagai cara pernah anda terapkan namun masih mendapatkan hasil yang kurang memuaskan untuk mendapatkann tidur malam yang berkualitas. Antara lain :

  • Menghindari konsumsi minuman yang bersifat Diuretik pada waktu-waktu menjelang tidur malam. Seperti, Kopi, teh, dll.

  • Menghindari berbagai makanan yang dapat memicu meningkatnya kadar gula darah seperti es krim, makanan kadar lemak tinggi, daging merah (sapi), dll. pada malam hari.

  • Mengkonsumsi air putih cukup dalam sehari agar fungsi ginjal dapat bekerja secara optimal.

  • Hindari kebiasaan untuk mengkonsumsi Alkohol, Narkoba dan sejenisnya.

  • Kurangi konsumsi makanan dengan penyedap dan pengawet buatan.

  • Kurangi ketergantungan pada obat-obatan kimia. Segera beralih keminuman herbal yang lebih alami, aman untuk dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping.

  • Hentikan pemakaian/konsumsi suplemen vitamin E dosis tinggi secara berlebihan. Pemakaian vit.E instan (buatan) secara berlebiha justru akan mengganggu kinerja metabolisme tubuh.

  • Tenangkan pikiran, biarkan otak mengalami relaksasi dengan berdo’a, sholat, mengaji, senam pernapasan ringan atau yoga.
    cara mengatasi susah tidur

    mengatasi susah tidur dengan pendekatan spiritual


  • Mendengarkan lagu-lagu instrumentalia yang dapat menenangkan pikiran dan mengurangi ketegangan setelah seharian melakukan aktivitas kerja atau olah fisik lainnya.

Beberapa tips diatas bisa dicoba satu persatu atau kesemuanya, pada dasarnya harus dipahami bahwa seringkali permasalahan susah tidur disebabkan oleh pikiran yang cenderung gelisah. Jadi, untuk mengatasinya pikiran harus lebih tenang dan terkondisikan agar tidur lebih berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar