Sabtu, 03 Januari 2015

97 FAKTA MENARIK TENTANG MESIR

mesir-semestafakta1. Bentuk piramid Mesir kuno dianggap mendapat inspirasi dari pancaran sinar matahari.
2. Seorang ayah di mesir menamakan bayinya dengan nama “Facebook” untuk mengingat peran Facebook dalam ikut mengobarkan revolusi Mesir tahun 2011. Bayi tersebut nama lengkapnya adalah “Facebook Jamal Ibrahim”.
3. Ada lima juta pengguna Facebook di Mesir, paling banyak dari negara-negara Timur Tengah lainnya. Pada tahun 2009, Mesir mempunyai 20.136 juta pengguna internet, menduduki peringkat ke-21 di dunia.
4. Mesir mempunyai penduduk Arab terbesar di dunia.
5. Nama resmi Mesir adalah Republik Arab Mesir.
6. Kira-kira 90% orang Mesir adalah Muslim (terutama Sunni), 9% Kopstik, dan 1% adalah Kristen.
7. Pharaoh Pepi II (2246-2152 SM) berkuasa paling lama dalam sejarah, yaitu selama 94 tahun. Dia menjadi raja Mesir ketika berusia 6 tahun.
mesir1-semestafakta
8. Pharaoh Pepi II katanya akan mengolesi budak-budak telanjang dengan madu untuk menarik lalat agar menempel ke tubuhnya.
9. Bendera Mesir itu sama dengan bendera Syria, dan Yaman dan terdiri dari tiga baret warna dari bendera Pembebasan Arab, yaitu merah, putih, dan hitam, dengan elang emas Saladin ada di warna putih. Pada bendera Mesir, warna hitam menyimbulkan penindasan, warna merah menyimbulkan perjuangan berdarah melawan penindasan, dan warna putih menyimbulkan masa depan yang cerah.
10. Tingkat melek huruf di Mesir, kaum laki-laki adalah 83% dan kaum wanita 59,4%.
11. Rata-rata, hanya satu inchi hujan jatuh di Mesir tiap tahunnya.
12. Sejarah Mesir dimulai pada tahun 3200 SM ketika Raja Menes (disebut juga dengan Narmer) menyatukan Kerajaan Atas dan Kerajaan Bawah. Dinasti pribumi yang terakhir jatuh ke tangan Persia pada tahun 341 SM dan digantikan oleh Yunani, Romania, dan Bizantium. Orang Arab memperkenalkan bahasa Arab di Mesir pada abad ke-7.
mesir2-semestafakta
13. Pada bulan Juli 2011, penduduk Mesir berjumlah 82.079.663 dan menjadikan peringkat ke-15 sebagai negara padat penduduk di dunia. Rata-rata 99% penduduk tinggal di sekitar 5,5% dari daratan Mesir.
14. Ramses II (1279-1212 SM) dianggap sebagai raja Mesir terbesar (“rumah besar”) dari kekaisaran Mesir. Dia memerintah selama 60 tahun dan satu-satunya raja Mesir yang menyandang gelar “Agung” di belakang namanya. Dia mempunyai anak lebih dari 60, yaitu 56 laki-laki dan 44 anak perempuan. Dia mempunyai 8 istri resmi dan hampir 100 selir. Dia juga berambut merah yang menunjukkan hubungannya dengan dewa Seth.
mesir3-semestafakta
15. Piramida besar di Giza yang terkenal dibangun sebagai tempat pemakaman Raja Khufu (2589-2566 SM) dan pembangunannya selama 20 tahun. Piramida ini dibangun dari lebih dua juta kotak batu kapur, yang masing-masing kotak batu seberat setengah gajah. Tingginya sekitar 460 kaki (149 m), lebih tinggi dari patung Liberty. Bagian dasarnya seluas lima kali lapangan sepak bola.
mesir4-semestafakta
16. Orang Mesir kuno percaya bahwa memumi mayat bisa menjamin keselamaan hidup setelah kematian. Proses mumi melalui dua tahap: tahap pertama adalah membalsam tubuh, kemudian membungkus dan menguburkannya. Jasad diletakkan di peti berpenutup yang masing-masing peti menggambarkan dewa.
mesir5-semestafakta
17. Orang Mesir tidak hanya memumi manusia tetapi juga binatang. Arkeolog telah menemukan 15 kaki (4,5 m) mumi buaya. Buaya dikenal sebagai “penelan hati manusia” dalam Buku Kematian kuno.
18. Pemukul lalat yang terbuat dari ekor jerapah adalah item pakaian yang terkenal pada masa Mesir kuno.
19. Kaum wanita Mesir kuno mempuyai banyak hak-hak istimewa dibandingkan wanita lainnya di dunia. Misalnya, mereka memiliki kekayaan, melakukan bisnis, dan mengajukan perceraian. Wanita dari keluarga kaya dapat menjadi dokter atau pendeta.
20. Di Mesir, laki-laki dan perempuan memakai make up mata yang dinamakan kohl, yang terbuat dari bahan baku tanah yang dicampur dengan minyak. Mereka percaya make up tersebut mempunyai kekuatan magis yang bisa memperbaiki pandangan mata orang miskin dan dapat menghindari infeksi mata.
21. Pada zaman Mesir kuno, roti menjadi makanan paling penting dan bir menjadi minuman pavorit. Para pembuat bir bahkan tinggal di kuburan untuk memastikan orang yang meninggal memiliki persediaan bir yang banyak di kehidupan selanjutnya.
22. Orang Mesir kuno memiliki tiga kalender yang berbeda, yaitu kalender pertanian setiap hari, kalender astronomi, dan kalender bulan. Kalender pertanian selama 365 hari berdasarkan tiga musim dari empat bulan. Kalender astronomi berdasar pada pengamatan bintang Sirius, yang nampak setiap tahun pada awal musim banjir. Yang terakhir, pendeta menggunakan kalender bulan ketika dia menentukan upacara untuk dewa bulan, Khonsu.
23. Hieroglyph dibuat pada sekitar tahun 3000 SM dan mungkin sezaman dengan lukisan dinding. Berbeda dengan 25 surat Inggris, terdapat lebih dari 700 tulisan hieroglyph Mesir yang berbeda-beda.
mesir6-semestafakta
24. Piramida pertama Mesir adalah piramida yang dibangun oleh arsitek Mesir, Imhotep yang dipersembahkan untuk raja Djoser pada tahun 2600 SM.
25. Orang Mesir kuno menyembah lebih dari 1000 dewa. Dewa yang paling penting adalah dewa matahari, Ra.
26. Dalam sejarahnyam Mesir terkenal mempunyai banyak nama, misalnya, selama Kerajaan Kuno (2650-2134 SM), Mesir dinamakan Kemet atau Daratan Hitam, yang menunjukkan pada warna gelap dan tanah Lembah sungai Nil yang subur. Mesir dinamakan juga denganDeshert, atau Daratan Merah, yang menunjukkan gurun Mesir yang luas. Kemudian Mesir juga terkenal dengan Hwt-ka-Ptah atau “Rumah Ka dari Ptah”, yaitu salah satu nama dewa Mesir permulaan. Orang Yunani merubah Hwt-ka-ptah menjadi Aegyptus.
27. Turisme menyumbangkan 12% tenaga kerja di Mesir.
28. Gurun Sahara pernah ditumbuhi rumput yang subur dan savana. Karena perubahan iklim pada tahun 8000 SM maka mulai berubah dari padang gembala menjadi gurun pasir. Sekarang menjadi gurun terbesar dan terpanas di dunia dengan luas 3.630.000 mil perseg, seukuran Amerika. Antartika dianggap gurun yang paling besar (dari semua tipe) di dunia.
mesir7-semestafakta
29. Raja Mesir pertama adalah Raja Menes, yang menyatukan Kerajaan Atas dan Kerajaan Bawah pada tahun 3150 SM. Dia menamai ibu kotanya dngan nama Memphis, yang berarti “Keseimbangan dua Daratan”. Dalam legenda dia diceritakan memerintah selama 60 tahun sampai dia terbunuh oleh seekor kuda nil.
30. Usia harapan hidup orang Mesir rata-rata 72,66 tahun, yang menempati urutan ke 124 di dunia. Harapan hidup kaum laki-laki adalah 70,07 tahun dan wanita adalah 75,38 tahun. Monako mempunyai tingkat harapan hidup tertinggi di dunia, yaitu 89,73 tahun. Harapan hidup orang Amerika ada pada peringkat ke-50, yaitu sampai usia 78,37 tahun.
31. Tingkat kesuburan di Mesir adalah 2,97 anak tiap wanita dan menjadikan Mesir menempati peringkat ke-66 tingkat kesuburan di dunia. Nigeria menduduki rangking pertama dengan 7,60 anak per wanita. Amerika peringkat ke-124 dengan 2,06 per wanita.
32. Mesir adalah negara terbesar ke-30 di dunia. Hampir tiga kali lebih besarnya New Mexico, wilayah Mesir adalah 386,560 mil persegi (1.001.450 km2).
33. Revolusi Mesir tahun 2011 dimulai pada tanggal 25 Januari. Para demonstran Mesir menuntut kebebasan berbicara dan pemilihan umum yang bebas, mengecam kebrutalan polisi, pemerintahan yang korup, tingkat pengangguran yang tinggi, inflasi, dan penggunaan terus-menerus hukum darurat. Diperkirakan da 800 orang terbunuh dan 6000 orang terluka. Presiden Mesir, Hosni Mubarok diturunkan dari jabatan pada tanggal 11 Februari. Revolusi Mesir merembet ke Yaman, Syiria, Yordania, Libya, dan Bahrain.
34. Agar tetap sejuk dan terhindar dari kutu, laki-laki dan perempuan pada zaman Mesir kuno mencukur rambutnya dan sering memakai wig. Ternyata, wig menunjukkan status sosial dan menjadi salah satu aksesoris pakaian paling penting pada zaman Mesir kuno. Orang kaya akan memakai wig yang terbuat dari rambut manusia, sedangkan orang miskin memakai wig yang terbuat dari wol atau dari serat sayur-sayuran.
35. Mesir kuno adalah yang pertama kali yang membagi 365 hari dalam setahun dibagi menjadi 12 bulan. Mereka juga yang menemukan jam.
36. Guru Mesir, Imhotep (“orang yang membawa kedamaian”) dikenal sebagai dokter pertama, teknisi pertama, dan arsitek pertama.
mesir8-semestafakta
37. Sungai Nil di Mesir adalah sungai terpanjang di dunia, yaitu 4.135 mil (6.670 km). orang Mesir kuno mengukur kedalaman sungai Nil menggunakan “nilometer”. Istilah Inggris “Nile” berasal dari bahasa Semitik nahal, yang berarti “sungai”. Orang Mesir kuno menyebut sungai Nil dengan iteru, yang artinya “sungai yang agung”.
mesir9-semestafakta
38. Dalam usaha mengontrol banjir tahunan sungai Nil, maka dibangun dam terbesar di dunia pada tahun 1971, yaitu Dam Aswan. Tetapi, dampaknya, lumpur subur yang biasanya menjadi pupuk tanah Mesir yang kering mengumpul di danau Nasser setelah dibangunnya dam, dan kemudian para petani menggunakan satu juta ton pupuk tiruan setiap tahunnya.
39. Orang Mesir kuno percaya air mata dewa Isis menjadi aliran sungai Nil setiap tahun. Mereka memperingati banjir dengan festivel yang disebut “Malam Tetesan Air Mata”.
40. Seorang pendeta akan memakai cadar kepala serigala dewa Anubis ketika akan membuat tubuh menjadi mumi. Orang Mesir kuno menghubungkan Anubis (dewa kematian) dengan serigala karena serigala akan membongkar kuburan orang Mesir dan memakannya.
41. Koptik adalah komunitas Kristen terbesar di Mesir dan di Timur Tengah. Karena agama Kristen adalah agama utama di Mesir pada abad ke-4 dan ke-6, maka istilah “Koptik” pada mulanya untuk menyebut keseluruhan orang Mesir.
42. Di Perancis, sebuah piramid kaca berdiri di luar museum Louvre yang terkenal sebagai penghormatan kepada Mesir kuno dan dunianya yang menakjubkan.
mesir10-semestafakta
43. Kualitas yang digunakan orang Mesir kuno untuk menilai sesuatu dinamakan ma’at, yang artinya perilaku baik, jujur, dan adil. Ma’at juga nama dewa kebenaran yang menurut mitosnya akan menimbang setiap hati orang Mesir setelah meninggal dunia.
44. Sebelum penulis Mesir kuno menulis sesuatu, dia selalu menuangkan air ke dalam tinta sebagai persembahan kepada dewa Thoth, utusan dewa  dan menjadi pelindung para penulis dan pengetahuan. Orang Mesir yang dapat menulis dipercaya mempunyai kekuatan dari dewa.
45. Orang Mesir kuno percaya bahwa dewa Thoth yang menemukan tulisan dan meninggalkan rahasianya kepada manusia. Simbolnya adalah seekor burung yang disebut ibis dan seekor kera.
46. 150 tahun lalu, orang Amerika dan Eropa percaya bahwa mumi mempunyai kekuatan penyembuhan yang hebat. Mereka menggosok-gosok mumi untuk diambil serbuknya dan digunakan sebagai obat segala penyakit.
47. Istilah pharaoh awalnya sebagai sebutan raja Mesir. Pharaoh artinya “rumah besar” karena setiap orang mempercayai tubuh raja adalah sebagai rumah dewa. Istilah tersebut tidak digunakan sampai dinasti ke-20 (1185-1070 SM).
48. Piramida besar di Giza mempunyai lubang untuk melihat bintang Orion sehingga ruh mumi bisa terbang menuju dewa.
49. Orang Mesir kuno percaya bahwa mereka tercipta dari tanah liat di jentera pembuat tembikar oleh dewa sungai, Khnum.
50. Pada zaman Mesir kuno, setiap kota besar didukung oleh satu dewa pavoritnya, seperti orang yang mendukung tim sepakbola sekarang.
51. Orang Mesir kuno perlu memprediksi kapan sungai Nil akan banjir, dari situlah timbulnya kalender pertama di dunia.
52. Mexico, bukan Mesir, mempunyai piramida terbesar di dunia dari segi isinya. Piramida Cholula (kadang-kadang disebut Quetzalcoat) dibangun sekitar tahun 100. Meski tingginya hanya 40% dari piramida Cheops di Giza Mesir, piramida ini luasnya 39,5 acre. Perbandingannya, Piramida Besar tingginya 480 kaki dan luasnya 13 acre, sedangkan piramida Mexico mempunyai volume 4.300.000 kubik yard, sedangkan piramida Besar Mesir hanya 3.360.000.
mesir11-semestafakta
53. Piramida Mesir bukan hanya menjadi tujuh keajaiban dunia, tetapi juga menjadi satu-satunya yang bertahan sampai sekarang. Ada ungkapan Arab yang menggambarkan ketahanan piramida: “Manusia takut Waktu, tetapi Waktu takut Pidamida”. Enam keajaiban dunia lainnya adalah (1) Taman gantung Babilonia (2) Menara Artemis di Ephesus (3) Patung Zeus di Olympia (4) Mausoleum dari Halicarnassus (5) Colossus dari Rhodes, dan (6) mercusuar Alexandria.
54. Karya matematika tertua yang masih ada adalah ditulis oleh penulis Mesir, Ahmes sekitar tahun 1650 SM. Ada di lembaran lontar Matematika Rhind, dengan judul “Pintu Masuk Menuju Pengetahuan Segala Benda yang Ada dan Segala Rahasia yang Samar”.
mesir12-semestafakta
55. Hukuman mati tertua dilaporkan ada di Mesir kuno. Diterangkan dalam lembar lontar Amherst, seorang lelaki belasan tahun pada tahun 1500 SM dihukum untuk membunuh dirinya dengan racun atau ditikam untuk praktik mejik.
56. Hieroglyphs digunakan hanya untuk keperluan ritual dan prasasti resmi. Untuk setiap harinya, orang Mesir menggunakan tulisan yang disebut “hieratik”. Pada tahun 700 SM, menggunakan tulisan kedua yang disebut “Demotik” dan yang digunakan oleh umat Kristen Koptik sampai sekarang.
57. Pembangun kuburan Mesir kuno mempunyai kampung tersendiri. Mereka dicukupi makanannya dan tertutup karena pekerjaannya sangat penting.
58. Standar berat tertua yang pernah dilaporkan adalah beqa, yaitu satuan Mesir kuno yang sama dengan 6,66 dan 7,45 ons dan masih digunakan sampai sekarang.
59. Pada tahun 2011, arkeolog menemukan patung besar raja Mesir kuno, Amenhotep III  (kakek dari Tutankhamen). Salah satu patung terbesar yang pernah ada, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1923 dan kemudian hilang kembali.
60. Tugu kuno yang dikenal sebagai Jarum Cleopatra mengalami kerusakan selama 125 tahun di kota New York akibat polusi dan cuaca, sedangkan di Mesir bertahan selama ribuan tahun.
cleopatras-needle-5296
61. Prasasti hieroglyph terakhir yang terkenal dibuat pada tahun 394 di candi Isis di Philae.
62. Meski sudah terkenal bahwa tentara Napoleon yang menembak hidung Sphinx di Giza, tetapi gambar Sphinx dari tahun 1737 sudah memperlihatkan Sphinx tanpa hidung, lebih dari 60 tahun sebelum Napoleon masuk ke Mesir. Satu-satunya orang yang diketahui telah merusak hidung Sphinx adalah klerik Islam, Sa’im al Dahr, pada tahun 1378. Dia dilaporkan tidak setuju dengan “berhala”.
mesir14-semestafakta
63. Para sarjana percaya bahwa Mesir kuno adalah yang pertama menjahit luka, yaitu sekitar 4000 tahun yang lalu. Dokter Mesir sering menyimpan jarum bedahnya di tempat yang terbuat dari tulang burung yang cekung.
64. Hippos dianggap sebagai pertanda jelek dan dihubungkan dengan dewa kejehatan, Seth. Mereka lebih berbahaya dari buaya dan seringkali membalikkan perahu-perahu yang melintasi sungai Nil.
65. Orang pertama Mesir yang dikenal dengan nama (Mery) karena menghindari pajak maka dihukum 100 kali pukulan karena kejahatannya.
66. Uji medis menunjukkan bahwa parasit seperti cacing adalah menjadi problem untuk orang Mesir kuno. Parasit yang utama adalah cacing Guinea yang akan berkembang menjadi cacing dengan tiga kaki yang panjang di dalam tubuh dan kemudian keluar melalui kulit setelah setahun dengan rasa sakit yang luar biasa.
67. Di Mesir, anak laki-laki (bahkan perempuan) dianggap membawa berkah. Orang Yunani yang kadang-kadang meninggalkan bayi yang tidak diinginkan (kebanyakan bayi perempuan) di luar rumah agar mati. Hal itu tidak ditemui di Mesir.
68. Lontar Berlin (1800 SM) berisi petunjuk tes kehamilan tertua yang dikenal. Tersebut menggunakan biji-bijian yang dibasahi dengan urine. Jika biji gandum yang tumbuh maka akan mengandung bayi laki-laki; jika terigu yang tumbuh maka akan mengandung bayi perempuan. Jika tidak ada yang tumbuh, maka wanita tersebut tidak akan mengandung.
69. Untuk memelihara bentuk hidung Ramses II agar tidak rusak, pembalseman dengan cara memasukan biji merica ke dalam lubang hidungnya.
70. Bangsa insek Scarabaeus dianggap suci oleh orang Mesir dan mewakili hidup setelah kematian atau kebangkitan kembali.
mesir15-semestafakta
71. Toilet juga ada di kuburan bangsa Mesir kuno.
72. “Rumah Indah” adalah nama rumah atau kemah untuk meletakkan mumi pada zaman Mesir kuno.
73. Raja Inggris, Charles II (1630-1685) akan menggosokkan debu mumi di kulitnya yang dipercaya akan memberikan “Keagungan”.
74. Berbeda dengan kepercayaan umumnya, Cleopatra adalah asli Yunani, bukan dari Mesir atau Afrika. Ketika Angelina Joli berperan sebagai Cleopatra pada film tahun 2011, banyak orang yang menyalahkan karena memperlihatkan perannya sebagai bangsa Amerika keturunan Afrika. Yang lainnya mengklaim perannya lebih pas oleh artis keturunan Yunani, seperti Jennifer Aniston.
75. Di dekat Tuna el-Gebel di tepi gurun pasir bagian barat Mesir, para ilmuwan menemukan lebih dari empat juta mumi burung seperti bangau yang disebut Ibis.
mesir16-semestafakta
76. Ramses II dipamerkan secara umum pada bulan Juni 1886 selama 15 menit. Tubuhnya menjadi terkontaminasi jamur dan bakteri yang memakan tubuhnya sedikit demi sedikit. Pada tahun 1975, para ilmuwan menggunakan sinar gamma untuk mensterilkan tubuhnya. Dia sekarang disimpan peti anti bakteri.
77. Orang Mesir menyebut piramida dengan sebutan mer, sebuah kata yang secara etimologi diperdebatkan. Istilah Inggris “pyramid” berasal dari istilah Yunani, pyramis, yaitu jenis kue terigu yang berbentuk seperti piramida.
78. Jika Piramida Besar dipotong menjadi 12 inci kubus, maka deretan kubus itu akan cukup untuk mengelilingi bulan sebanyak tiga kali.
79. Raja-raja Mesir pertama dikubur dengan para pelayan sejatinya. Kemudian, model sebutan untuk pelayan, shabti, digunakan.
80. “Kekuatan Piramida” atau “pyramidology” adalah kepercayaan bahwa piramida itu mempunyai kekuatan supranatural. Misalnya, pada tahun 1959, teknisi radio Cekoslovakia, Karel Drbal mematenkan ide bahwa piramida dapat mempertajam pisau cukur yang tumpul. Kemudian Gloria Swanson tidur dengan miniatur piramida di bawah bantalnya karena miniatur tersebut “bisa menjadikan setiap sel dalam tubuhnya terasa geli”.
81. Menteri Kesehatan Mesir melarang khitan perempuan (ketika klitoris wanita dihilangkan) pada tahun 1996, kecuali dalam keadaan darurat. Namun, pemotongan genital perempuan ini masih berlangsung umum di Mesir.
82. Menurut legenda, mumi yang pertama adalah Osiris yang dibunuh oleh Seth. Isis membungkusnya dengan pembalut dan dia kembali hidup sebagai dewa kematian, atau dewa akhirat.
mesir17-semestafakta
83. Lumpur ditekan di bawah kulit mumi sebagai alas. Mata palsu dapat menggunakan bawang. Alat pengait mengikat otak (yang selalu bergerak, bersama dengan ginjal, hati, paru-paru, dan jantung) melalui hidung.
84. Pakaian tertua di dunia berasal dari Mesir, yang berusia 5000 tahun.
85. Orang Mesir tahu keberadaan planet Merkurius, Venus, Saturnus, Mars, dan Yupiter. Mereka mempunyai nama-namanya sendiri seperti Sebeque, dewa yang berhubungan dengan dewa Set, (Merkurius), “dewa pagi” (Venus), “banteng langit” (Saturnus), “Horus Sang Merah” atau “Horus sang Horizon” (Mars) dan “Horus yang membatasi Dua Daratan” (Yupiter).
86. Bagi orang Mesir Kuno, sungai Nil dianggap misterius. Berbeda dengan kebanyakan sungai lainnya, sungai Nil mengalir dari selatan ke utara, banjir pada musim panas, dan tidak ada orang yang tahu di mana sumber air itu berasal. Para peneliti menemukan sumber mata air sungai Nil di timur Afrika 150 tahun yang lalu.
87. Orang Mesir kuno mungkin yang pertama kali memelihara ternak.
88. Ada tiga raja Mesir perempuan, yang terbesar adalah Hatshepsut (berkuasa dari tahun 1498-1483 SM).
mesir18-semestafakta
89. Sphinx besar yang menjaga tiga piramida Giza dianggap mempresentasikan raja Khafre (Chephren), putra Khufu. Sphinx pada umumnya dipercaya dibangun untuk menjaga makam.
90. Makam raja-raja Mesir yang terkenal seluruhnya dirampas oleh para perampok kecuali makam Tutankhamen (berkuasa dari tahun 1334-1324 SM). Makam ini ditemukan pada tahun 1922 dan dipenuhi dengan bahan-bahan yang tak ternilai harganya dan pembuatannya yang indah.
91. Bagi orang Mesir kuno, dunia bermula ketika Atum-Ra (dewa matahari) – yang melambangkan kehidupan, dewa-dewa, cahaya, dan kekuatan – menciptakan Bumi (Geb) dan Langit (Nut) dan dunia seisinya. Bagi orang Mesir, penciptaan adalah peristiwa sehari-hari, yang berulang-ulang dengan setiap terbit dan peredaran matahari.
92. Wanita Mesir kuno memakai wig dengan bentuk kerucut dari bahan yang berminyak yang lama-kelamaan mencair, yang mengeluarkan bau harum.
93. Orang Mesir kuno membuat catatan rekaman tentang banjir sungai Nil seperti para ilmuwan sekarang menggunakan datanya untuk mengetahui lebih tentang pola-pola hujan.
94. Para ilmuwan percaya simbol Mesir yang disebut dengan ankh adalah kemudian menjadi asal-usul simbol salib dalam agama Kristen. Ankh juga seperti kunci – bagi orang Mesir, adalah kunci kehidupan abadi.
mesir19-semestafakta
95. Karena huruf hieroglyphs itu tidak mempunyai huruf vokal/huruf hidup, maka kita tidak tahu pasti bagaimana cara orang kuno mengucapkannya.
96. Orang Yunani menyebut simbol hieroglyphs Mesir (hieros + glyphe = “suci” + “pahatan”) karena mereka melihatnya terukir di dinding candi dan di tempat yang suci.
97. Selama revolusi Mesir tahun 2011, banyak demonstran wanita tidak hanya dipaksa untuk tes keperawanan, tetapi mereka juga diancam dengan tuduhan prostitusi.
DEWA-DEWA PENTING MESIR KUNO
Amun: Dewa pencipta, berhubungan dengan kesuburan. Kadang-kadang digambarkan seperti angsa, tetapi lebih sering digambarkan sebagai seorang lelaki
Anubis: dewa Necropolis, berhubungan dengan proses mumi, biasanya berkepala anjing atau serigala.
Bastet: dewa perang, berkepala singa atau kucing.
Hathor: dewa wanita; juga dewa langit, dewa pohon, atau dewa necropolis. Berkepala sapi atau tanduk sapi, seringkali dengan piringan matahari di kepalanya.
Horus: dewa langit. Berkepala elang, seringkali dengan mahkota dobel.
Isis:  Isri Osiris; penjaga dan tukang sihir. Seringkali menggunakan hieroglyph pada namanya dan kepalanya.
Montu: dewa perang. Seringkali berkepala elang dengan piringan matahari dan rambut keriting di atasnya.
Neith: dewa perang dan berburu. Memakai mahkota merah atau mempunyai dua anak panah menyilang dan perisai di kepalanya.
Osiris: penguasa dunia bawah, dewa tumbuh-tumbuhan kematian, dan suami Isi. Biasanya digambarkan sebagai mumi, memegang tongkat, dan memakai mahkota putih dengan tanduk.
Ptah: dewa Pencipta; pelindung para ahli, termasuk para arsitek, artis, dan pemahat. Biasanya digambarkan dengan lelaki yang berpakaian seperti mumi.
Re: Dewa matahari. Berkepala elang, sering digambarkan dengan kepingan matahari di kepalanya.
Seth: dewa kekacauan, gurun, badai, dan perang. Biasanya berkepala seekor binatang yang tidak dikenal.
Thoth: dewa tulisan dan perhitungan. Berkepala seekor ibis dengan bulan sabit. Kadang-kadang dilukiskan dengan kera.

0 komentar:

Posting Komentar