Minggu, 28 Desember 2014

20 Fakta & Informasi tentang Ludwig van Beethoven

Beethoven
Ludwig van Beethoven adalah salah satu musisi paling berpengaruh dan kreatif yang dikenal sejarah.
Dibaptis pada 17 Desember 1770 di Bonn, komposer sekaligus pianis Jerman ini menghasilkan banyak karya musik klasik yang mencakup simfoni, opera, concerti, sonata piano, dll.
Fakta tentang Ludwig van Beethoven
Dalam rentang hidupnya selama 56 tahun, Beethoven telah mencapai puncak pencapaian dalam karya musik.
Semenjak kecil, akibat dorongan langsung ayahnya, Johann van Beethoven, Beethoven muda telah belajar musik.
Berikut adalah fakta tentang Beethoven:
1. Orang tuan Ludwig van Beethoven memiliki 7 anak. Empat diantaranya meninggal saat masih kecil dan hanya 3 yang bertahan hidup. Dari 3 orang tersebut, Beethoven merupakan yang tertua.
2. Beethoven melakukan pertunjukan musik pertamanya pada usia 7 ½ tahun, pada tanggal 26 Maret 1778.
3. Beethoven pernah belajar pada beberapa musisi ternama termasuk Gottlob Neefe, Joseph Haydn, Albrechtsberger, Salieri, dan Mozart.
Sebagian besar pelajaran musik diambilnya di Wina, yang juga merupakan tempat di mana dia tinggal setelah meninggalkan kota kelahirannya, Bonn.
4. Beethoven menerbitkan karya pertamanya pada tahun 1782 saat masih berusia 12 tahun. Karya tersebut berisi 9 variasi untuk Piano dalam C minor, membuatnya menjadi salah satu pemain piano paling terkenal dalam sejarah.
5. Setiap kali Beethoven mempersiapkan diri atau duduk untuk menulis musik, dia akan menuangkan banyak air es di atas kepalanya.
6. Selama hidupnya, Beethoven hanya mengkomposisi 1 opera klasik yang dikenal sebagai Fidelio, yang masih diakui sebagai salah satu karya paling klasik dan berpengaruh sepanjang masa.
7. Beethoven tetap mengkomposisi banyak simfoni dan melakukan konser sendiri bahkan setelah dia kehilangan kemampuan pendengarannya (tuli).
Pada tahun 1811, setelah gagal membawakan komposisinya sendiri, “Piano Concerto No 5″ di depan umum, Beethoven tidak lagi pernah melakukan pertunjukan di depan publik.
8. Setelah Beethoven kehilangan kemampuan mendengar sepenuhnya, teman-temannya berkomunikasi dengan menulis dalam buku. Beethoven akan membaca dan kemudian menjawab secara lisan maupun tertulis.
Ada 400 buku dengan jenis tersebut, dimana 264 buah diantaranya dihancurkan setelah kematiannya.
9. Fakta menarik lain tentang Beethoven adalah bahwa dia menggunakan batang khusus untuk soundboard pianonya.
Batang khusus ini akan digigitnya untuk mengetahui getaran suara yang merambat melalui batang. Dengan cara ini Beethoven akan mengetahui jenis dan kepadatan suara.
10. Beethoven adalah salah satu musisi pertama yang diberi hibah tahunan 4000 florin karena orang di sana tidak ingin dia meninggalkan Vienna. Beethoven bebas secara finansial sehingga bisa berkonsentrasi untuk berkarya.
11. Sebelum masa Beethoven, untuk menopang hidup, musisi terkenal seperti Bach, Mozart dan Haydn adalah bagian dari staf rumah tangga keluarga aristokrat kaya yang tidak pernah diberi kebebasan untuk bekerja tanpa perintah.
12. Beethoven selalu menempatkan 60 biji kopi dalam cangkir kopinya. Tak heran darimana dia mendapatkan semua energi besar itu!
13. Beethoven juga dikenal karena temperamennya. Dia tidak segan berhenti melakukan pertunjukan jika merasa audiens terlalu banyak ngobrol atau tidak memberikan perhatian penuh kepadanya.
Beethoven diketahui pernah melemparkan sepiring makanan pada pelayan karena tidak senang dengan layanannya.
14. Beethoven menghabiskan sebagian besar waktunya menulis musik. Dia pernah ditangkap polisi karena pakaian dan rambutnya begitu berantakan sehingga polisi mengiranya sebagai gelandangan.
15. Karya Beethoven sangat mengagumkan! Selama karirnya, dia menulis total 9 simfoni, 17 string kuartet, 7 concerto, 32 sonata piano, 10 sonata untuk piano dan biola, dan 1 opera klasik.
16. Beethoven juga mengajar musik untuk banyak siswa muda. Disinyalir dia juga jatuh cinta dengan banyak dari mereka.
17. Pada tahun 1812, Beethoven menulis surat yang ditujukan ke ‘The Immortal Beloved’. Penulis biografi Beethoven masih berupaya menemukan wanita misterius di balik surat itu!
18. Bahkan alam meratapi kematiannya. Seperti yang diceritakan oleh Anselm Huttenbrenner, teman Beethoven yang hadir ketika Beethoven menghembuskan napas terakhirnya, ada gemuruh guntur saat Beethoven meninggal pada tanggal 26 Maret 1827.
19. Ketika Beethoven meninggal, hampir 10.000 – 30.000 orang menghadiri pemakamannya pada 29 Maret 1827.
20. Pada bulan Agustus 1845, monumen Beethoven di Bonn diresmikan, sekaligus menjadi monumen pertama untuk seorang komposer yang didirikan di Jerman.[]

0 komentar:

Posting Komentar