Senin, 29 Desember 2014

Kumpulan Mahluk Halus Lokal yang belum pernah agan dengar

1. Gundul Pringis:

nama lain: gulutuk cengir, ndas glundung.

Mahluk halus ini wujudnya kepala doang gan dan sering nyengir kalo diliat sama orang. Berasal dari golongan demit, yang artinya mahluk halus ini emang punya bangsa nya sendiri. Bukan ngikut bangsa jin, siluman, atau hantu. Ane gatau asal usul nya gimana bisa sampe ada mahluk halus kaya gini, setau ane wujud aslinya emang kepala gitu.

Sedikit cerita tentang gundul pringis yang pernah di ceritain sama bapak ane. Bapak ane sendiri denger cerita ini dari kakeknya. Katanya kalo di desa dulu malem-malem suka ada yang ngeliat kelapa jatuh di bawah pohon. Tapi waktu di deketin, ternyata itu bukan kelapa melainkan kepala  dan katanya juga hantu ini bahaya dan bisa mencelakai orang.

Mahluk halus ini sifatnya mengganggu gan, dan tujuan nya gaada yang tau. Ane gapernah denger ada orang pinter ataupun paranormal yang pernah berkomunikasi sama mahluk ini. Semakin kesini, makin jarang laporan penampakan hantu ini. Mungkin mereka mulai tersingkir sama kehadiran manusia. Selain banyak orang pinter atau paranormal yang gatau apa maunya hantu ini sehingga ga dipeduliin, mungkin mereka juga kalah saingan sama mahluk halus lainya yang lebih bisa beradaptasi tinggal di sekitar pemukiman manusia seperti jin, kuntilanak, pocong maupun hantu.

2. Banaspati
origin: Energi Api

Ada yang bilang mahluk ini sejenis genderuwo gan. Tapi dengan kekuatan berkali-kali lipat. Elemen mereka api, jadi jangan heran kalo agan ngeliat mereka dalam bentuk Manusia tinggi besar yang sekujur tubuhnya penuh dengan api. Tapi yang ane tau mahluk ini ga punya bentuk tetap jadi ya bisa berubah bentuk sesuai emosi nya dia selama masih dalam wujud api.

Jarang banget paranormal yang bisa ngatasin mahluk ini. Karena elemen nya bener-bener api dia setau ane gabisa di tangkep kaya mahluk halus lainya gan. Bisanya diusir atau bener-bener dimusnahkan (itupun kalo sanggup). Kalo jaman dulu banyak cerita orang yang pergi ke hutan dan mati di bunuh sama mahluk halus ini. Mereka sendiri ga niat mengganggu, tp kalo kebetulan ketemu sama manusia mereka ga suka keberadaanya diketahui. Apa mungkin mereka keturunan langsung dari iblis?

Saran ane kalo ente ketemu mahluk ginian, lebih baik berdoa dan menghindar daripada disamperin. Ane yakin kalo manusia yang berhati bersih, mau sama mahluk halus sekuat apapun pasti dilindungi sama Tuhan 

3. Begu Ganjang
origin: dedhemit
Kalo ini masyarakat di daerah sumatra (khususnya Suku Batak) pasti banyak yang tau. Katanya bentuknya tinggi besar, dan bisa making tinggi kalo orang yang ngeliat mereka ketakutan. Jadi sifatnya menghirup energi manusia yang takut sama dia.

Nama Begu Ganjang sendiri berasal dari 2 kata yang mempunyai arti yang berbeda. Begu berarti Hantu dan Ganjang berarti Panjang/ Tinggi.

Kepercayaan masyarakat sendiri mahluk halus ini emang sengaja di pelihara untuk menjaga kebun, jaga rumah, bahkan untuk pesugihan (mendatangkan kekayaan). Tujuan terakhir inilah yang salah, karena kalo pesugihan dengan cara mahluk halus biasanya minta tumbal.

Mangkanya jangan heran kalo di daerah sumatra sana banyak orang yang dituduh melihara begu ganjang dan dihakimin sama masyarakat sekitar. Ada yang sampe dibunuh, padahal belum terbukti dia melihara begu ganjang.

Cara begu ganjang mengambil tumbal: Begu ganjang diliat orang--> orang itu ketakutan--> Begu ganjang mengambil energi dari rasa takut orang itu dan menjadi makin tinggi--> begu ganjang mencekik orang itu.

Akibat dari dicekik sama begu ganjang orang tersebut bisa sakit keras, bahkan meninggal dengan leher membiru.

Saran TS, jangan menghakimi sembarang orang, karena belum tentu tersangka tersebut memelihara begu ganjang. Banyak ibadah dan doa karena orang yang dekat dengan Tuhan pasti selalu dalam lindungan-Nya.

4. Kuda Sembrani:
origin: animal spirit, Jin
nama lain: Jaran Sembrani


Hewan mitologi ini lebih dikenal luas dengan nama Pegasus. Kalo di yunani sono nih hewan jadi kendaraanya manusia setengah dewa. Kalo di jawa asal usulny macem-macem gan. Dari salahsatu kendaraanya Betawa Wisnu, Hewan peliharaan nya Sultan Agung, sampai Kuda perang nya Jokotole. Bentuk kuda ini sendiri biasanya digambarkan warna nya hitam atau putih dan punya sayap menyerupai sayap angsa tapi besar hingga bisa membawa tubuhnya terbang

Terlepas dari hal-hal tersebut secara genetika gamungkin terjadi perkimpoian antara kuda dengan angsa :capede Mangkanya bagi orang-orang yang 'mumpuni' hewan ini sebenernya adalah spirit atau mahluk halus. Kalo mahluk halus lainya kaya naga, harimau putih, buaya biasanya jelmaan jin atau siluman, Kuda Sembrani punya bangsa sendiri yang beda dengan mahluk - mahluk tersebut. Tapi keberadaanya sendiri gabisa dilihat sembarang orang, bahkan orang yang bisa melihat mahluk halus pun ga selamanya bisa melihat Kuda Sembrani. Mangkanya kalo orang-orang yg ngaku bisa melihat setan di tv2 pasti ngeliatnya cuma antara pocong,kunti, genderuwo dll krn memang mahluk halus tersebut lebih 'kasar' atau dimensi nya lebih deket dengan alam manusia.

Setau ane banyak orang yang ingin belajar spiritual yg lebih dalam melalu perantara mahluk ini krn energinya positif.

5. Peri
Origin: Bangsa Peri

Jangan ngebayangin peri tuh kaya di film-film amerika sono yang punya sayap trs pake tongkat dan bisa ngabulin permintaan cewe2 kesepian :capede

Peri sendiri adalah salah bangsa mahluk halus yang menempati pulau jawa ini gan. Kalo agan pernah baca komik atau buku jaman dulu pasti pernah nemuin kata-kata "Jin dan peri penunggu hutan" atau "Raja segala jin dan PERI". Jadi mereka sebenernya adalah bangsa mahluk halus sendiri yang terpisah dari jin, siluman, dhemit apalagi hantu. Dan naif menurut ane kalo ada orang yang bilang kalo "semua mahluk halus itu jin yang berganti rupa" padahal ane yakin 100% tuh orang gangerti dan gabisa ngeliat mahluk halus itu sendiri.

Kenapa bangsa peri ini sekarang jarang disebut-sebut? karena kebanyakan pandangan orang indonesia tentang bangsa ini tuh udah berganti menjadi mahluk yang ane sebutin diatas itu, wanita cantik ada sayapnya dan megang tongkat pengabul permintaan 

Kalo diluar negeri golongan yg termasuk peri/fairy nih banyak gan ada elf, sprite, dwarf, troll, dll. Tapi kalau disini ya hanya disebut "Peri" gitu aja. Mereka biasanya lebih seneng tinggal di tempat-tempat yang masih alami dan jauh dari aktifitas manusia, sering juga jadi penunggu di tempat-tempat keramat yang energinya bagus. Sifat mereka masih natural gan, masih oldschool lah istilahnya. Buat bangsa elf, wajahnya cantik-cantik dan ganteng-ganteng  Tapi ada juga yang energi nya negatif dan sifatnya jahat, biasanya mereka lebih mudah beradaptasi dengan modernisasi seperti bangsa jin.

Agama mereka pun jarang yang seperti manusia dan jin. Biasanya jin tuh lebih kaya manusia gan ada yg agama nya islam, kristen, yahudi, ada juga sih yg masih agama nenek moyang mereka. Tapi kalo peri setau ane jarang sih, biasanya mereka nyembah dewa mereka sendiri. Alesanya? kapan2 ane kasih tau gan 

Kalo orang yg ngaku punya indra keenam gapernah liat peri, mungkin emang belum dapet kesempatan atau ga sampe tingkatan ini krn sifat mereka rata-rata lebih halus dr mahluk halus kebanyakan, atau mungkin juga gabisa ngebedain mana hantu, mana jin, mana peri 

ohiya bangsa mahluk halus ini bukan yang bisa ngerasukin orang kaya mbak kunti y gan 

0 komentar:

Posting Komentar