Sabtu, 27 Desember 2014

Kisah Nyata Marlboro Man

9539_10200508447966051_320683561_nUntuk kegiatan sosial anti-merokok dalam masyarakat kita, ironi mencatat bahwa Marlboro Man, simbol iklan yang penampilannya dalam seri “Marlboro Country” yang berperan penting dalam membangun Philip Morris, brand Marlboro sebagai brand terbaik di dunia dalam menjual rokok, meninggal akibat kanker paru-paru. Banyak sosok yang berbeda telah menggambarkan sifat kasar yang tampak pada koboi ditampilkan dalam iklan rokok Marlboro sejak 1954. Sebuah pria asli Oklahoma bernama Darrell Winfield adalah Marlboro man pertama dari pertengahan 1970-an dan seterusnya, namun puluhan orang lainnya juga telah menjadi model untuk iklan televisi, majalah dan iklan koran, billboard, dan bahan iklan lainnya untuk mempromosikan merek rokok Marlboro, dan faktanya ada dua orang dari bintang iklan Marlboro telah meninggal karena kanker yang dimulai di paru-paru mereka.
Wayne McLaren, yang berpose untuk beberapa iklan promosi atas nama Marlboro pada tahun 1976, menyerah pada kanker paru-paru pada usia 51 tahun, tepatnya pada tanggal 22 Juli 1992. McLaren adalah seorang mantan pengendara rodeo profesional yang muncul di bagian-bagian kecil dalam serial televisi dan film (terutama Western) sepanjang 1960-an dan 1970-an, dan dia menjadi model untuk iklan cetak dalam pertengahan 1970-an termasuk kampanye Marlboro pada tahun 1976. McLaren, yang memiliki kebiasaan merokok sebanyak 1 bungkus per hari, didiagnosa menderita kanker paru-paru pada usia 49. Meskipun kemoterapi, penghapusan satu paru-paru, dan perawatan radiasi, kanker akhirnya menyebar ke otak dan membunuhnya. Setelah dia menderita kanker, McLaren memulai kampanye anti-merokok.
Dalam bulan-bulan terakhir hidupnya McLaren tampil di hadapan legislatif Massachusetts ketika sedang mempertimbangkan RUU untuk menambah pajak untuk rokok untuk membiayai pendidikan kesehatan dan juga berbicara pada pertemuan tahunan Pemegan saham Philip Morris untuk mendukung resolusi bahwa perusahaan harus membatasi iklannya . Philip Morris awalnya membantah bahwa McLaren pernah muncul dalam iklan Marlboro, tetapi juru bicara perusahaan kemudian mengakui bahwa citra McLaren telah digunakan dalam display ritel untuk Kartu poker Marlboro Texas.
Sebelum meninggal, McLaren meninggalkan pesan terakhir sebagai berikut:
Take care of the children. Tobacco will kill you, and I am living proof of it.
Selain McLaren, David McLean, yang muncul di televisi Marlboro banyak dan iklan cetak dimulai pada awal 1960-an, juga meninggal karena kanker pada usia 73 tahun, tepatnya pada 12 Oktober 1995. McLean mulai merokok pada usia 12 tahun dan mulai menderita emfisema pada tahun 1985, McLean menjalani operasi pengangkatan tumor kanker dari paru-paru kanannya pada tahun 1993. Meskipun operasi, kanker tetap dan menyebar ke otak dan tulang belakang, dan McLean menyerah pada tahun 1995. Pada bulan Agustus 1996 janda McLean dan anak mengajukan gugatan kematian tak wajar terhadap Philip Morris, Inc, mengklaim bahwa McLean tidak dapat berhenti merokok karena kecanduan nikotin, dan bahwa kebiasaan merokoknya adalah penyebab kanker paru-paru nya. (Gugatan berpendapat, antara isu-isu lainnya, bahwa McLean telah diwajibkan untuk merokok hingga lima bungkus per scene iklan untuk mendapatkan tampilan yang tepat saat berpose untuk iklan, dan bahwa ia menerima rokok Marlboro sebagai hadiah dari Philip Morris.)

0 komentar:

Posting Komentar