Jumat, 26 Desember 2014

Fakta Unik Tentang Kambing

 Kambing merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa memelihara sekaligus berternak kambing akan mendatangkan keuntungan tersendiri. Harga seekor kambing yang tidak murah menjadi salah satu alasan masyarakat menternakkan hewan ini. Terlepas dari hal tersebut, ternyata kambing memiliki kebiasaan serta perilaku yang cukup unik dan tidak ada pada diri hewan lain. Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang kambing.
Fakta Unik Tentang Kambing
  • Tahukah anda bahwa kambing adalah hewan paling selektif? Dibandingkan dengan sapi, kambing dapat dikatakan lebih cerewet dalam memilih makanan. Kambing tidak akan mau memakan rumput yang sudah layu dan kering. Selain itu, kambing juga merupakan hewan yang manja dalam hal makanan. Ketika rumput yang akan dimakan jatuh di tanah, maka kambing tidak akan mau memakannya walaupun rumput tersebut masih segar.
  • Merupakan hewan yang pertama kali dibudidayakan atau diternakkan. Bagi orang muslim, cerita mengenai budidaya kambing sudah ada sejak jaman Nabi Adam A.S. Hal ini diperkuat dengan adanya bukti berupa lukisan yang usianya mencapai 12.000 tahun di dinding-dinding gua di Eropa. Kambing meluas keberadaannya hingga seluruh bagian dunia digadang-gadang berkat tindakan Christoper Colombus yang membawa hewan tersebut ke benua Amerika sekitar tahun 1943.
  • Sempat digunakan sebagai alat pembayaran. Jika sekarang alat pembayaran menggunakan uang, maka jaman dahulu alat pembayaran masih menggunakan sistem barter dan kambing adalah hewan yang digunakan sebagai alat pembayaran tersebut. Zaman dahulu harga kambing sangatlah mahal dan sangat bernilai, bahkan dapat digunakan untuk menukar perak dan emas.
  • Kambing dan penemuan kopi. Sangkut paut antara kambing dengan kopi dimulai dari adanya penggembala kambing yang menemukan bahwa kambing-kambingnya menjadi energik ketika memamah biji kopi. Oleh karena itulah saat ini kopi beredar luas dan dapat digunakan sebagai pembangkit energi ketika mengantuk
Demikianlah fakta-fakta unik tentang kambing. Ternyata kambing mempunyai ciri khas yang oleh sebagian orang menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, seorang peternak kambing terkenal yang tak lain adalah istri dari Carl Sandburg justru memilih berfoto dengan kambing daripada dengan anjing favoritnya.

0 komentar:

Posting Komentar